Selasa, 27 September 2011

:: Pengenalan Toolbar pada GIMP ::






Pada Menu File, Dialogs terdapat optional – optional yang membantu mempermudah kita dalam mengedit..
Next, saya hanya menjelaskan yang umum dipakai saja.
1. Select (patch)

ke 6 tools di atas pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama, dibuat berbagai jenis dengan maksud mempermudah user untuk melakukan seleksi. Seleksi digunakan untuk memisahkan gambar yg ingin kita manipulasi dari gambar aslinya.


2. Color Picker

Klo tools yang di atas, digunakan untuk memilih warna secara otomatis, misalnya anda mau memilih warna kulit manusia, karena takut pemilihan warnanya kurang cucok atau kurang tepat, maka anda bisa menggunakan tools di atas dengan cara mengklik di atas warna kulit yang anda kehendaki.


3. Modification Object

Biasanya saya gunakan untuk sebuah gambar atau object yg ingin saya besar – kecil, miring kanan – kiri, membesarkan bagian bawahnya – atasnya saja, hadap kiri – kanan.


4. Gradient / Gradasi

Tool ini dipakai untuk memberi efek gradasi, pada tutorial berikutnya saya akan memberikan penjelasan yang lebih detail.


5. Kuas dan Pensil

Fungsinya sama seperti kuas dan pensil yang biasa kita gunakan sehari – hari hanya saja yang sehari – hari bisa dimasukkan ke tas, klo yang ini cuma ada di komputer (hehehe…).



6. Eraser

Tools ini untuk menghapus object,

Nah, ini obat ganteng, alias tool yg berguna untuk melakukan transformasi koordinat – koordinat dgn hasil yg halus, sebagai contoh anda ingin menghilangkan tahi lalat, anda tinggal tekan tombol Ctrl + klik di daerah yang tidak ada tompel nya, CTRL + Klik hanya untuk mengambil source / sample. Next, diklik ke tahi lalat yg ingin dihilangkan.


8. Blur

Blur tool digunakan untuk melebarkan pixel agar menjadi samar – samar.
Sekian penjelasan saya tentang tools yg banyak saya gunakan dalam memanipulasi gambar. Bila ada salah mohon dimaklumi, karena saya hanyalah manusia biasa yang tidak pintar namun tampan (kata ibuku hehe..).


Note : “Kita tidak akan pernah tau sebelum kita mencoba..”

Sumber : 
http://www.night-walker.org/pengenalan-toolbar-pada-gimp.nw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar